Sumbar Tambah 47 Kasus Positif Covid-19 Hari Ini, Dr Andani: Kita Sudah Prediksi Ledakan Ini

Jumat, 07 Agu 2020 | 18:21:59 WIB


Sumbar Tambah 47 Kasus Positif Covid-19 Hari Ini, Dr Andani: Kita Sudah Prediksi Ledakan Ini

HARIANHALUAN.COM - Berdasarkan pemeriksaan spesimen yang dilakukan oleh tim Laboratorium FK Unand dan Balai Veteriner Baso Agam, Sumbar kembali melaporkan lonjakan kasus positif Covid-19 sebanyak 47 orang hari ini, Jumat (7/8/2020). Angka tersebut lantas melambungkan Positivity Rate dari 1,55 persen menjadi 3,3 persen.

Walaupun dikategorikan masih dibawah standar WHO sebanyak lima persen, nyatanya saat ini tiga daerah di Sumbar sudah masuk kepada zona orange virus corona yakni, Kota Padang, Kota Solok dan Kabupaten Solok. "Angka ini sangat terkait dengan pergerakan orang, khususnya dari luar provinsi," kata Dr Andani Eka Putra selaku Kepala Laboratorium Pusat Diagnostik dan Riset Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran Universitas Andalas.

Dr Andani menjelaskan, jika Ia bersama teman-teman dinas kesehatan sudah memprediksi akan terjadinya ledakan kasus ini, hanya saja sekarang bagaimana tracing tetap konsisten dengan kapasitas yang besar.

"Semua yang kita temukan hari ini tanpa gejala atau ringan, namun mereka adalah silent spreader yang jika kita tidak ditemukan maka akan menjadi penular bagi orang lain," lanjutnya.
Dr Andani menghimbau untuk bersama-sama menjelaskan kepada masyarakat, bahwa situasi masih terkendali dan apa yg ditemukan merupakan proses pencarian kasus. Kemudian juga mengingatkan orang yang berasal dari luar provinsi untuk segera memeriksakan diri ke puskesmas atau bandara. "Tetap jalankan protokol Covid-19, karena ini menandakan kita menyayangi keluarga, rekan kerja dan tetangga," katanya. (*)


DIUNGGAH : Humas Nagari Talang Babungo Dibaca : 107 kali
EDITOR : Humas Nagari Talang Babungo

    Tinggalkan Balasan

    Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *