Talang Babungo Berikan Kesan Mendalam bagi Mahasiswa KKN UIN Sunan Gunung Djati Bandung
Hidayatul Fikra – Kamis, 03 September 2020

Jumat, 04 Sep 2020 | 16:15:14 WIB


Talang Babungo Berikan Kesan Mendalam bagi Mahasiswa KKN UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Talang Babungo – Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata pada tahun ini mengalami perubahan di seluruh universitas di Indonesia, termasuk salah satunya UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Sebanyak 9 orang mahasiswa yang semestinya melaksanakan KKN di Jawa Barat ini kemudian beralih tujuan menuju Kenagarian Talang Babungo, Kecamatan Hiliran Gumanti, Kabupaten Solok, Sumatera Barat.

            Kegiatan KKN yang diusung oleh mahasiswa UIN SGD Bandung ini lebih memprioritaskan pemberdayaan dengan memperhatikan kebutuhan masyarakat setempat. Berdasarkan refleksi sosial bersama wali nagari dan jajarannya, kepala jorong serta masyarakat setempat, mahasiswa UIN SGD Bandung sepakat untuk mengangkat kegiatan utama KKN mereka yaitu program rumah tahfizh untuk anak-anak dan remaja. Program ini sejalan dengan misi nagari Talang Babungo dalam membentuk generasi qur’ani dengan adanya “one jorong one rumah tahfizh”. Oleh karena itu, program ini mendapat dukungan penuh dari pemerintah setempat. Di samping itu, beberapa kegiatan lainnya seperti rumah belajar, semarak HUT RI ke-75, pembukaan kawasan ikan larangan, dan kerja bakti bersama masyarakat jorong menjadi kegiatan pendukung dalam proses pengabdian diri kepada masyarakat.

            Program Rumah Tahfizh tersebut dilaksanakan di beberapa jorong diantaranya di Jorong Kayu Jangguik dan Jorong Bulakan. Program tahfizh ini dimulai dengan menghafal juz 30 dan diikuti dengan metode muraja’ah’ agar hafalan lebih mudah diingat. Dalam pelaksanaannya, program ini juga didampingi dengan pembelajaran tahsin untuk memperbaiki bacaan peserta. Mahasiswa UIN SGD Bandung menilai anak-anak di jorong tersebut sangat antusias menghadiri kegiatan bahkan hingga waktu magrib. Ditambah lagi dengan respon positif masyarakat setempat sehingga kegiatan-kegiatan tersebut berjalan dengan lancar.

            “KKN di Talang Babungo memberikan kesan tersendiri bagi kami, mahasiswa UIN Bandung. Masyarakat yang menyambut kami dengan hangat layaknya keluarga, pemerintah setempat yang mendukung setiap program yang kami laksanakan, serta tak lupa dengan keasrian nagari Talang Babungo akan menjadi kenangan indah yang akan kami bawa sampai nanti. Terima kasih Talang Babungo”, ungkap ketua KKN UIN SGD Bandung, Irsyad Fikri.

Talang Babungo merupakan Nagari yang sangat memperhatikan pendidikan dan sangat  mengapresiasi kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan pendidikan, termasuk kegiatan KKN dari berbagai kampus, “ Nagari Talang Babungo adalah Nagari yang sangat memperhatian pendidikan, pendidikan merupakan kebutuhan pokok yang memiliki peran penting dalam perkembangan masyarakat nagari Talang Babungo, tidak memandang tingkat ekonomi, meskipun masyarakat dengan ekonomi lemah akan tetap menyekolahkan dan bahkan mengkuliahkan anaknya, dan dengan adanya kegiatan KKN ini menjadi semakin menambah meyakinkan masyarakat akan pentingnya pendidikan” demikian yang disampaikan Bpk.Hafizur Rahman Wali nagari Talang Babungo pada kesempatan penutupan Kegiatan KKN UIN SGD.

            Kegiatan KKN yang telah berjalan lebih kurang sebulan tersebut memberikan pengalaman dan ilmu baru bagi mahasiswa sebagai pelaksana kegiatan dan masyarakat sebagai penerima manfaat kegiatan “Kami memberikan apresiasi dan mengucapkan terimakasih kepada mahasiswa KKN UIN SGD yang telah melaksanakan kegiatan dan Program KKN di Nagari Talang Babungo semoga kegiatan KKN ini menjadi langkah awal untuk meningkatkan kerjasama antara universitas dan Pemerintahan Nagari” Harapan Wali Nagari menutup sambutan nya dalam Penutupan kegiatan KKN. Penutupan kegiatan KKN ini dilaksanakan pada hari Senin (31/8) di kantor Wali Nagari Talang Babungo bersama Bapak Wali Nagari Talang Babungo, Hafizur Rahman, serta kepala jorong se-kanagarian Talang Babungo. Semua yang hadir dalam acara penutupan tersebut berharap silaturrahmi yang sudah terjalin akan selalu terjaga hingga kapanpun.


DIUNGGAH : Humas Nagari Talang Babungo Dibaca : 199 kali
EDITOR : Humas Nagari Talang Babungo

    Tinggalkan Balasan

    Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *